Install Windows 7 from Bootable USB FlashDrive

Tuesday, June 3, 2014 Ayah Masya & Afa

Menginstal atau me-repair Windows 7 memang ga sulit-sulit amat seh, sebenarnya. Tapi kadang-kadang pusing juga jika laptop atau netbook kita ga ada DVD Drivenya. 
Dan Microsoft telah menyediakan tool untuk hal ini yakni Windows 7 USB/DVD Download Tool yang bisa kamu sadap dari sini download disini. Jika kamu perlu instruksi bagaimana menggunakannya, intip saja di Microsoft Store Help on the ISO-Tool (http://store.microsoft.com/Help/ISO-Tool). 
Nah, inilah cara praktis install windows 7 dengan USB Flash Drive. 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjqgEiS3ewoeTWvi8d4GJk9edeJ_ry2TvJxMWdWlWH7bfzhcxHgnOgRVb3_eZkeF-scxyzxaGYSkiZJF0N1p-nKVuss_FSjSU7_hNXc_hKXwDapFwVl0C3WR0hjkRJfCj6fWY8WVEmNCdLT/s1600/microsoft_considering_windows_7_on_flash_drives_full.jpg
Persiapan:
USB Flash Drive ( minimal 4GB )
Microsoft OS Disk ( Vista / Windows 7 )
PC atau laptop (running Windows Vista / Windows 7)

Langkah 1: Format USB Flash Drive
Langkah-langkah berikut ini adalah perintah / command untuk memformat USB Flash Drive kamu secara benar dengan menggunakan diskpart utility. [Hati-hati: langkah ini akanmembumihanguskan segala data dalam USB drivemu. Jadi pastikan datanya di back-up dulu masbruww...]

  1. Tancapkan USB Flash Drive ke Laptop/ netbook
  2. Buka command prompt as administrator (Klik kanan pada Start > All Programs > Accessories > Command Prompt dan select “Run as administrator”
  3. Temukan nomor USB Flash Drivemu dengan mengetik perintah berikut pada jendela  Command Prompt :
    diskpart
    list disk
    Nomor USB Flash Drivemu akan muncul di layar. Perhatikan ini karena penting untuk langkah selanjutnya . Langsung saja saya asumsikan bahwa USB flash drivemu adalah disk 1.
  4. Format USB Flash Drivemu dengan mengetikkan instruksi-instruksi selanjutnya di layar jendela yang sama. Ganti nomor “1” dengan nomor USB Flash Drive berikut.
    select disk 1
    clean
    create partition primary
    select partition 1
    active
    format fs=NTFS
    assign
    exit
    Setelah selesai mengetik perintah-perintah diatas, maka USB Flash Drivemu telah terformat dan siap untuk dijadikan bootable ( bisa digunakan untuk booting laptopmu ).
Langkah 2: Bikin USB Flash Drivemu menjadi bootable
Selanjutnya kita gunakan perangkat utilitas bootsect yang telah tersedia di disk Windows Vista / Windows 7 untuk membuat USB Flash Drivemu bootable.  Tetap di layar jendela yang sama ( DOS Promptseperti di langkah 1:
  1. Masukkan atau ( jika sudah mengcopy sebelumnya di laptop kamu ) siapkan rar file Windows Vista / Windows 7.
  2. Ubah ke DVD’s boot directory dimana bootsect berada:
    d:
    cd d:\boot
  3. Gunakan bootsect untuk mensetup USB Flash Drivemu sebagai bootable NTFS drive Windows Vista/7 image. Saya anggap saja bahwa USB flash drive telah diberi nama disk G:\ oleh komputer:
    bootsect /nt60 g:
  4. Kalau sudah, silahkan close jendela command prompt, dan selesailah sudah.
Langkah 3: Copy file instalasi DVD ke USB Flash Drive kamu
CAra termudah adlaah menggunakan Windows explorer untuk meng copy semua file yang ada di dalam  DVD Windows Vista/ Windows 7 ke USB Flash Drivemu.  Setelah tercopy semuanya, maka kamu telah selesai menyiapkan USB Flash Drivemu.

Langkah 4: Setting BIOS laptopmu untuk boot from USB
Karena setiap komputer/ laptop berbeda, maka coba saja klik kombinasi tombol Function yang sesuai. Hampir semua sistem BIOS’s memperbolehkan kita untuk menekan tombol pada saat booting, dan memilih opsi booting sesuai kemauan kita.
Bisa dicoba tombol fungsi ( f8, atau f9 atau f12 ).

Ok masbruww, selamat mencoba.

** Cara ini masih OK dan selalu berhasil saya gunakan hingga sekarang.
Respected source: KMWOLEY.COM

0 komentar:

google-site-verification: google194c256b71358c8b.html
 
Bloggerized by Dhampire